Judul : Ombudsman Kepri Saksikan Peluncuran Program IM-pressions, Apresiasi Imigrasi Batam Terapkan Pemeriksaan Keimigrasian Melalui Mesin Autogate
link : Ombudsman Kepri Saksikan Peluncuran Program IM-pressions, Apresiasi Imigrasi Batam Terapkan Pemeriksaan Keimigrasian Melalui Mesin Autogate
Ombudsman Kepri Saksikan Peluncuran Program IM-pressions, Apresiasi Imigrasi Batam Terapkan Pemeriksaan Keimigrasian Melalui Mesin Autogate
![]() |
Peninjauan alat pemeriksaan imigrasi |
Kunjungan ini bertujuan untuk melakukan peninjauan langsung terhadap Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Batam Center, yang merupakan salah satu tempat pemeriksaan keimigrasian terbesar di Kota Batam.
Rombongan Ombudsman memulai peninjauan mereka dengan mengunjungi Terminal Keberangkatan, dilanjutkan dengan Terminal Kedatangan TPI Batam Center.
Mereka juga melakukan pengecekan terhadap mesin pemeriksaan keimigrasian berbasis teknologi, yaitu Autogate, yang digunakan di kedua terminal tersebut.
Lagat Parroha Patar Siadari, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kepulauan Riau, memberikan apresiasi tinggi atas penerapan teknologi dalam sistem pemeriksaan keimigrasian di Batam.
“Selamat kepada Imigrasi Batam yang telah menerapkan pemeriksaan keimigrasian berbasis teknologi melalui mesin Autogate. Kami sangat mengapresiasi," kata Lagat.
"Ini menunjukkan kepada negara lain bahwa Imigrasi Batam telah menerapkan teknologi tinggi dalam proses keimigrasian untuk memberikan pelayanan prima dan semakin memudahkan masyarakat,” ungkapnya.
Selain itu, dalam kesempatan ini, Hajar Aswad juga memperkenalkan program inovatif Imigrasi Batam, yaitu IM-pression ‘Immigration Presents Love and Compassion in Every Service’.
Program ini bertujuan untuk menumbuhkan citra positif dengan memberikan "Lembar Pembatas Paspor Tematik" kepada setiap penumpang yang melintasi tempat pemeriksaan imigrasi, sebagai bentuk kepedulian dan pelayanan ramah terhadap masyarakat.
“IM-pression adalah simbol komitmen kami untuk menunjukkan bahwa Imigrasi tidak hanya bertugas mengawasi lalu lintas orang, tetapi juga peduli terhadap hal-hal kecil yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat,” jelas Hajar Aswad.
Lembar pembatas paspor ini dirancang dengan desain menarik dan mengandung informasi penting seputar keimigrasian, seperti pentingnya menjaga paspor dan dokumen perjalanan lainnya.
Setiap lembar juga memuat kutipan-kutipan inspiratif untuk membangkitkan semangat para pemegang paspor dalam menjalani perjalanan mereka.
Tema peluncuran perdana program ini adalah kasih sayang, yang diharapkan dapat memberikan sentuhan cinta dan kepedulian dalam pelayanan publik.
Hajar Aswad menambahkan, pihak Imigrasi Batam terbuka untuk kemungkinan bekerja sama dengan instansi lain dalam mengembangkan program IM-pression, seperti menyampaikan pesan-pesan sosial dari Balai Narkotika Nasional atau Kepolisian terkait pentingnya menghindari narkoba dan berkendara dengan aman.
Imigrasi Batam juga siap menjalin kolaborasi dengan UMKM untuk menyampaikan pesan atau materi usaha melalui program ini.
“Sebagai fasilitator pembangunan kesejahteraan masyarakat, Imigrasi Batam dapat menjadi mitra bagi UMKM dan pelaku usaha dalam menyampaikan pesan atau materi usaha mereka melalui Program IM-pression,” pungkas Hajar.(*)
SMSI KEPRI
Ombudsman Kepri Saksikan Peluncuran Program IM-pressions, Apresiasi Imigrasi Batam Terapkan Pemeriksaan Keimigrasian Melalui Mesin Autogate
Sudah dibaca Ombudsman Kepri Saksikan Peluncuran Program IM-pressions, Apresiasi Imigrasi Batam Terapkan Pemeriksaan Keimigrasian Melalui Mesin Autogate linknya https://malaysiadansekitarnya.blogspot.com/2025/02/ombudsman-kepri-saksikan-peluncuran.html
0 Response to "Ombudsman Kepri Saksikan Peluncuran Program IM-pressions, Apresiasi Imigrasi Batam Terapkan Pemeriksaan Keimigrasian Melalui Mesin Autogate"
Posting Komentar